Ingin Disayang Siswa? Berikut Tips Yang Bisa Dilakukan Oleh Para Guru

Belakangan ini profesi guru kian digemari oleh generasi muda. Bahkan, banyak juga yang mengikut tes cpns agar bisa menjadi guru tetap di suatu sekolah. Pekerjaan sebagai guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia dimana seorang guru adalah pembimbing pertama seorang anak di luar sekolah karena guru akan memberikan pengenalan awal mengenai hal-hal dasar.

Ingin Disayang Siswa? Berikut Tips Yang Bisa Dilakukan Oleh Para Guru

Guru tidak hanya mengajarkan pendidikan, tetapi ia juga mengajarkan tentang tata krama dan sopan santun. Untuk itu, setiap guru pasti ingin memiliki hubungan baik dengan siswanya. Berikut tips yang bisa para guru ikuti agar lebih disayang oleh para siswa :

  1. Kuasi Materi Dengan Baik. Hal pertama yang harus dilakukan setiap guru adalah memiliki persiapan matang dari materi pembelajaran yang akan diberikan di kelas. Guru yang menguasai materi, tentu akan mempermudah siswa dalam mempelajari ilmu yang diberikan
  2. Mendidik Dengan Tulus. Posisi sebagai seorang guru bukan berarti kalian bisa bertindak sebagai ‘atasan’ di ruang kelas. Cobalah untuk menyayangi semua murid dengan tulus. Beri mereka nasehat kata bijak guru untuk siswa bila melakukan kesalahan, tegur bila sudah melewati batas, bimbing menuju jalan yang benar dan sayangi mereka. Dengan begitu, siswa akan merasa begitu diperhatikan oleh gurunya.¬†
  3. Ramah. Siapa yang tidak suka dengan kepribadian yang ramah? Bersikap ramah tentu akan membangun suasana yang hangat dengan para siswa. Selalu tersenyum bila bertemu dengan para siswa karena hal ini akan menghapus jarak antara siswa dan guru yang akhirnya hubungan akan semakin terbuka.
  4. Humoris. Di sela-sela pembelajaran, cobalah untuk memberi sedikit lelucon untuk mencairkan suasana. Dengan begitu, para siswa akan merasa sangat senang. Bahkan dengan metode pembelajaran yang berbeda akan membuat para siswa lepas dari rasa bosan.
  5. Bertanggung Jawab dan Disiplin. Ingatlah guru adalah orangtua para siswa di sekolah. Jadi, kalian memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik siswa. Jadi, perhatikanlah setiap perilaku siswa dan ketika  datang terlambat minta maaflah kepada siswa katakan dengan. Hal ini akan membuat kita jauh lebih bijaksana di hadapan para siswa.

Bila seorang guru amat disayangi siswanya, pasti akan menguntungkan kedua belah pihak. Siswa akan begitu semangat dan antusias dengan hari-harinay di sekolah dan guru juga akan merasa nyaman saat berada di kelas. Selain itu, proses pembelajaran juga akan berlangsung dengan baik dimana adanya hubungan emosional yang kuat antara guru dan siswanya. Satu pesan kata bijak guru yang bisa dijadikan pembelajaran adalah “Jadilah guru yang dirindukan bukan ditakuti.”