Tips Membangun Keluarga Harmonis Menurut Islam

Setiap rumah tangga pasti mendambakan keluarga yang harmonis dan bahagia dimana hubungan antara orang tua dan anak penuh dengan canda tawa. Sayangnya, untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah bukanlah hal yang muda. Dalam kata kata bijak islami kehidupan sehari hari, keluarga yang harmonis adalah dimana kondisi keluarga yang penuh dengan cinta dan damai.

kata kata bijak islami kehidupan sehari-hari untuk keluarga

Allah SWT akan selalu bersama keluarga yang berbuat baik dan berjalan di jalan yang benar. Untuk itu, sebagai umatNya, kita wajib untuk membangun keluarga bahagia demi kerukunan rumah tangga. Berikut adalah beberapa tips menurut Islam :

1.Rajin Ibadah

Hal pertama yang paling penting untuk diterapkan adalah menjaga ibadah. Setiap pasangan harus bisa saling mengingatkan untuk berdoa kepada Allah. Dalam setiap hal yang dilakukan ingatlah kepada Allah yang akan memberikan tuntunan menuju kebaikan. Bagi siapa yang rajin beribadah maka Allah pasti akan selalu memberikan kemudahan dalam hidupnya.

2.Tidak Mudah Marah

Memang rasanya sulit untuk mengontrol emosi dalam diri. Tetapi ingatlah bahwa dalam rumah tangga, kondisi emosional orang tua bisa mempengaruhi kondisi mental anak. Jadi, kalian juga harus belajar menahan amarah.

ÔÇťOrang yang kuat bukanlah orang yang dapat mengalahkan orang lain (dalam gulat); sebaliknya, pria yang kuat adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika dia marah. ” [HR. Ahmad]

3.Menghabiskan Waktu Bersama

Sesekali di waktu senggang, cobalah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Bila tidak sempat bepergian, kalian masih bisa untuk melakukan aktifitas bersama dirumah seperti, berkebun, menonton film, masak-masak dan juga bersih-bersih rumah.

4.Saling Perhatian

Hubungan tanpa curahan kasih sayang dan perhatian rasanya akan percuma. Itulah mengapa setiap pasangan dalam membangun rumah tangga harus bisa membangun suasana penuh kasih sayang yang dapat membantu tumbuh kembang anak. Melakukan banyak kegiatan rekreasi bersama, saling bercerita, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan juga akan menumbuhkan cinta di tengah keluarga.

5.Mau Memaafkan

Perselisihan dalam rumah tangga memang tidak bisa dihindari. Hanya saja, pastikan bahwa kalian menyelesaikannya secara dewasa. Tidak masalah jika kalian ingin berdiam diri sejenak. Tetapi, setelah itu coba untuk berbicara dan saling memaafkan seperti kata bijak islami dibawah ini.

“Siapa pun yang memaafkan dan membuat rekonsiliasi, hadiahnya adalah [karena] dari Allah.” (QS. An-Nuur::22)

“… dan biarkan mereka memaafkan dan mengabaikannya. Apakah Anda tidak suka bahwa Allah akan memaafkan Anda? ” (QS. An-Nur: 22)