Cara Mengatasi Tingkat Kebucinan Akut Dalam Sebuah Hubungan

Siapa yang tidak kenal dengan istilah bucin? Semua pasti sudah sangat sering mendengar kata ‘bucin’ yang memiliki arti sebagai budak cinta. Bahkan di social media hingga internet quotes bucin bijak menjadi begitu booming sejak banyaknya orang yang mulai terjebak pada fase bucin. Mengalam fase bucin pada sebuah hubungan mungkin berawal karena ketidaksengajaan yang lama-lama menjadi sebuah kebiasaan. Biasanya, seseorang tidak akan menyadari bahwa dirinya bucin karena baginya apa yang dilakukan adalah hal yang wajar.

kata kata bucin bijak bikin baper terlengkap

Padahal, menurut teori psikologi Sigmund Freud, bucin artinya seseorang yang sedang memuja orang lain secara sadar maupun tidak. Seseorang akan menganggap orang yang mereka adalah orang yang paling sempurna sehingga membutakan segalanya. Jika hal ini tetap berlanjut, tentu tidak akan membawa pengaruh baik pada kondisi psikologis seseorang. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi fase kebucinan ini dalam menjalani hubungan yang sehat. Berikut beberapa cara mudah yang bisa kalian tiru :

  • Prioritaskan Tujuan Hidup

Saat kamu sibuk dengan urusan percintaan, kamu pasti akan mulai melupakan hal-hal penting terkait pekerjaan. Sadarkanlah diri kalian bahwa yang terpenting saat ini adalah memprioritaskan impian yang menjadi tujuan hidup. Di saat diri sudah berhasil menggapai impian, seseorang tidak perlu menjadi bucin untuk dihargai oleh orang yang disayang karena mereka yang benar-benar tulus akan selalu mendukung impian kita.

  • Cintailah Diri Sendiri

Sebelum sibuk mencintai orang lain, cintailah diri sendiri terlebih dahulu. Apakah dengan menjadi bucin kalian merasa dicintai? Jujurlah pada diri sendiri. Seseorang yang bisa membuat kalian bahagia hanyalah diri kalian sendiri jadi jangan terus menyakiti diri dengan menjadikan bucin sebagai sebuah toxic treatment.

  • Sibukkan Diri Dengan Hobi

Disaat kalian memiliki waktu luang, jangan terlalu sering menggunakannya untuk berkencan karena terlalu sering bertemu juga tidak begitu baik. Sebaliknya, gunakanlah momen ini untuk mengembangkan diri kalian. Seiring dengan kebiasaan ini, kalian tidak akan menjadi bucin karena sibuk dengan rutinitas yang padat.

  • Jangan Takut Sendiri

Hal yang paling ditakuti oleh para bucin adalah ditinggalkan dan merasa sendiri. Ingatlah, bahwa di dunia ini tidak ada yang abadi dan setiap orang pasti datang dan pergi dalam hidup silih berganti. Jangan jadikan bucin sebagai alasan untuk membuat orang menetap karena sebenarnya cinta yang tulus tidak akan terlalu banyak meminta dan menuntut. Jadi, tanpa menjadi bucin pun jika memang perasaan keduanya adalah perasaan yang tulus tidak akan ada hal yang bisa memisahkan kalian.

  • Bijaklah Dalam Mengambil Keputusan

Terakhir, setiap hal yang kalian lakukan pikirkanlah matang-matang. Memang jika kalian sedang jatuh cinta melakukan hal apa saja bersamanya adalah hal yang menyenangkan. Tetapi, jangan lupa untuk tetap mengutamakan diri sendiri agar tidak jatuh begitu dalam apabila hubungan itu tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

Mengontrol diri sendiri dari hal bucin ini adalah hal yang terkesan sepele tapi sangat penting karena efek negatifnya akan sangat terasa terutama dalam impian serta cita-cita yang terlupakan karena sibuk dengan urusan percintaan yang toxic. Itulah mengapa ada kata kata bucin bijak berkata “mencintailah dengan benar dimana tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan”. Dengan begitu, kalian akan bisa menjalin hubungan yang jauh lebih dewasa dimana saling tumbuh kembang bersama menjadi lebih baik tanpa harus menjadi bucin.