Tindakan Sederhana Orang Tua Yang Membuat Anak Bahagia

Tidak hanya anak yang sering kali bingung mengungkapkan rasa sayangnya kepada orang tua lewat kata-kata ucapan untuk ibu, tetapi orang tua juga sering merasakan hal yang sama. Terkadang, orang tua sering kali tidak tahu cara menunjukkan rasa sayang kepada anaknya apalagi saat anaknya sudah mulai tumbuh dewasa. Mungkin rasa malu dan canggung kerap kali menjadi alasannya.

 kata-kata untuk ibu yang panjang berisi doa doa untuk ibu

Padahal, seorang anak juga sangat suka apabila orangtuanya memberikannya kasih sayang meskipun tidak ia ucapkan secara jelas. Cara paling baik di zaman ini untuk dekat dengan anak adalah dengan menjadi temannya. Dengan begitu, kalian dan anak-anak akan bisa saling berbagi dan bercerita banyak hal. Untuk itu, ikuti beberapa kiat-kiat di bawah ini yang akan sangat membantu dalam membahagiakan anak :

  • Pelajari Dunianya

Cara pertama yang paling penting jika ingin tahu bagaimana membuat anak bahagia adalah dengan mempelajari dunianya. Mengetahui apa yang ia sukai dan mengenal lingkungannya. Tidak bisa dipungkiri jika anak di jaman sekarang sangat beda dengan jaman dulu, maka dari itu untuk mencegah adanya kesalah pahaman, pelajarilah dunianya dan sesuaikanlah cara mendidik kalian dengan jaman sekarang maka anak akan merasa jauh lebih senang dan nyaman.

  • Dengarkan Ceritanya

Saat anak sedih dan mengalami masalah, mereka pasti cenderung untuk diam dan mengunci diri di kamar. Jarang bagi mereka untuk menceritakan apalagi berbagi kepada orangtua terutama yang menyangkut masalah pribadi. Untuk membuatnya jauh lebih tenang, coba dekati dengan membawa makanan kesukaan dan mengajaknya berbicara. Jika biasanya anak yang suka memberikan kata-kata buat ibu tersayang, sekarang ini saatnya kalian yang melakukan hal yang sama. Berikanlah nasehat dengan penuh kasih. Perhatian kecil dan sederhana akan membuatnya terharu.

  • Rencanakan Kumpul Keluarga Setiap Weekend

Sesibuk apapun kalian dengan rutinitas, pastikan untuk selalu menghabiskan waktu bersama terutama di akhir pekan. Sekalipun hanya di rumah saja, kalian bisa menyiapkan acara makan malam bersama yang dilanjutkan dengan menonton film dan bermain games. Hal-hal modern ini akan sangat disukai oleh anak kalian.

  • Kejutan

Jangan pernah menghargai setiap pencapaian anak kalian dengan memberikannya kejutan baik di hari ulang tahun maupun saat dia berhasil meraih sesuatu. Apresiasi ini akan sangat membuatnya bahagia dan semangat tanpa langsung ia katakan.

  • Bimbing dan Rangkul

Saat anak kalian melakukan kesalahan, jangan pernah menghakiminya begitu saja. Tetapi bicarakan, bombing dan rangkul ia untuk melangkah ke hal yang benar. Cara ini akan jauh lebih disukai anak-anak sehingga mereka nantinya akan jauh lebih terbuka kepada orangtua.

Memang agak sulit di masa ini untuk mempelajari sifat anak dan memberikannya kasih sayang seperti apa yang ia inginkan. Tidak perlu khawatir karena selama kalian memberikannya perhatian dan memberikannya kepercayaan, setiap anak akan merasa senang dan dekat dengan orangtuanya. Sehingga, hubungan keluarga pun akan begitu harmonis tanpa ada kecurigaan dan otoriter.