Mengenal Lebih Dekat Quarter Life Crisis

“Jalanilah hidupmu hari ini” kita sering sekali mendengar kata bijak singkat bermakna ini apabila kita sedang merasa khawatir dan sedih karena sesuatu hal. Pasalnya, saat ini orang-orang yang sering merasakan kekhawatiran justru datang dari mereka yang berusia 20an. Sebenarnya fenomena ini bukanlah hal yang langka, melainkan mereka sedang mengalami quarter life crisis. Belakangan ini memang banyak orang yang membahasa tentang quarter life crisis baik di berita maupun sosial media. Sebenarnya apa itu quarter life crisis? Dari namanya saja kita sudah bisa melihat jika mengarah pada suatu kondisi krisis. Namun di sini krisis yang dimaksud adalah krisis emosional dimana melibatkan perasaan ragu pada diri sendiri, cemas, khawatir, bingung, sedih, takut akan kegagalan dan merasa kurang motivasi. Biasanya QLC ini muncul karena seseorang sedang mengalami permasalahan finansial dan kondisi mental yang tidak stabil.

kata bijak singkat bermakna sebagai inpirasi kehidupan

Pemicu keras yang membuat seseorang memasuki fase quarter life crisis adalah adanya masa transisi dari remaja ke dewasa. Dulu dimana saat remaja, kita hanya memiliki tanggung jawab sekolah dan bila ada waktu luang yang dihabiskan dengan bermain kini setelah memasuki fase dewasa, kita memiliki tanggung jawab untuk bekerja menghasilkan uang dan adanya tekanan-tekanan dari keluarga. Hal ini sering kali membuat banyak remaja memasuki QLC karena kaget dan belum memiliki tujuan hidup yang jelas.

 

Apalagi saat ini, di zaman modern dimana semua dibagikan lewat sosial media. Mereka pun mulai membandingkan hidup yang satu dengan yang lainnya. Dimana mereka hidup enak, finansial yang baik membagikan momen-momen bahagia mereka dengan caption singkat bermakna terkadang membuat orang yang belum memiliki tujuan hidup ini mulai meragukan diri mereka yang membuatnya mengalami QLC. QLC sendiri memang tidak akan bisa dihindari apalagi bagi mereka yang memasuki umur 20-30an tahun. Meskipun QLC tidak bisa dihindari secara pasti, tetapi kita bisa mengendalikannya dengan beberapa hal. Berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan :

  • Rencanakan tujuan hidup sejak dini
  • Batasi penggunaan sosial media
  • Lakukan hal positif
  • Membaca banyak buku untuk menambah wawasan
  • Mencari dukungan moral dari keluarga atau teman dekat
  • Berani memulai dan tidak takut gagal
  • Berdoa kepada Tuhan

Mengatasi QLC memang diperlukan niat dan tekad yang kuat. Satu hal yang pasti, jangan pernah membandingkan diri dengan pencapaian orang lain karena setiap orang memiliki kisah hidup dan waktu yang berbeda-beda. Jika tidak sekarang, mungkin nanti adalah masa dimana kalian bisa seperti mereka selama mau berusaha dan yakin pada diri sendiri.